dimensisipil.blogspot.com

Kamis, 15 Oktober 2020

5 APLIKASI YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA TEKNIK SIPIL

  Hai Sobat Sipildaily, salam hangat dari mimin yang lagi jarang post 👷

    Buat kita anak teknik sipil atau bangunan, belajar Software atau aplikasi mungkin sedikit sepele untuk kita pelajari. kenapa kita lebih sering menunda untuk belajar berhubung masih semester satu, tahun depan kan bisa masih banyak waktu. wahh disini kita keliru loh yaa sob, justru semakin kita menunda untuk belajar maka kita semakin ketinggalan nih. Kita akan dihadapkan kedunia kerja  setelah kita lulus nanti. Nggak terasa sih kita nongkrong sana-saini, jalan sana-sini tanpa mempersiapkan diri untuk kedunia kerja. Alhasil kita lulus tanpa memiliki skill yang cukup untuk kedunia kerja.Semakin lama penggangguran membuat kepala semakin kacau, pertanyaan udah kerja dimana membuat kepala semakin pusing.

    Hal ini sering terjadi, dalam keadaan ini kita hanya bisa menyalahkan keadaan.Tapi yaa sob jangan galau jangan hirau.Hal itu nggak bakal terjadi jika kamu mau belajar dari sekarang, yaa dari sekarang. Mulai PDKT nihh sama aplikasi yang sering digunakan dalam teknik sipil. Jangan PDKT cewe mulu deh. Siapkan  masa depan cerah mu juga yaa sob. Salam Anak Teknik👷. yuk langsung lihat pembahasannya 


1 AUTOCAD 

    Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi yang paling sering digunakan dalam pekerjaan sipil.Aplikasi ini membantu kita dalam menggambar 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Biasanya Aplikasi ini tergolong mudah dipelajari. Sering mengulang dan jangan lupa hafal perintah nya. Berikut contoh tampilan autocad.


    Pada aplikasi autocad ini, kita dapat  membuat desain interior dan eksterior bangunan, membuat denah. Selain itu Autocad juga memiliki kelebihan lembar kerja yang tak terbatas untuk mempermudah pekerjaan kita. Jadi Sob jangan tunda untuk belajar. Mulai Sekarang.

2. 3D Max 

    Aplikasi ini merupakan perangkat luna grafik vektor 3 dimensi dan animasi yang mampu membuat objek virtual secara 3 dimensi yang dapat diubah sesuai keinginan. aplikasi ini, dalam sipil lebih sering digunakan dalam design interior maupun ke design eksterior.   Aplikasi ini juga mampu membuat material seperti kayu, tanah, batu mampu mendekati seperti asli .Dengan hasil yang lebih nyata gambar dapat digerakkan dan dirubah-rubah.  Berikut tampilan 3D max:


3. ARCHICAD
        Aplikasi Archicad merupakan aplikasi 2 dimensi sekaligus 3 dimensi, dimana kita bisa didalam satu software kita bisa menggambar 2 dimesi sekaligus 3  dimensi. dilengkapi dengan fasilitas perhitungan RAB, fasilitas render yang berkualitas baik dan memiliki fasilitas animasi pasif. selain itu selain itu dalam penggambaran menggunakan archicad, setiap lantai akan terpisah secara otomatis dan buat nggak ribet. berikut tampilan dari archicad.


4. SKETCHUP
    Aplikasi Sketchup juga sering digunakan dalam penggambaran 3 dimensi dalam dunia gambar konstruksi, contoh eksterior maupun interior, arsitektur lanskap. selain itu sketchup juga mampu membuat animasi vidio game.  Penggunaan tool yang cukup mudah dan gampang dipelajari seperti halnya autocad. Berikut tampilan sketchup :


5.MICROSOFT EXCEL
    Aplikasi ini sudah tidak asing bukan? aplikasi yang sudah dikenal khalayak umum dan sering digunakan oleh orang-orang pada umumnya terutama mahasiswa. Merupakan aplikasi matematis yang membantu dalam perhitungan biaya konstruksi. setelah menggambar dunia sipil juga membutuhkan yang ahli dalam perhitungan menggunakan excel. jangan lupa pelajari ya sob






Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Salam Teknik👷




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan shopdrawing dan as built drawing

Hallo sobat, mohon maaf ya jarang muncul, banyak hal yang gak bisa di tinggal :( . Hari ini sipil daily come back for you buat belajar baren...